Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat
ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia game
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia
pendidikan dan
bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia
bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan
pelatihan dalam sistem
e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi
indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang
merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi
reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi
bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut
melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan
berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output
berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan
menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau
sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
PENGERTIAN LAIIINN !!
Panduan untuk mengetahui multimedia harus dimulai dengan definisi
atau pengertian multimedia. Dalam industri elektronika, multimedia
adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia
secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan
teks (Mc Cormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling
sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa
audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban
dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi
yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi,
audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam
konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia.
- Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita.
- Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
- Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
- Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk
mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita
sendiri.
Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam
arti luas namanya. Misalnya jika tidak ada komputer untuk berinteraksi
maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Jika tidak ada link
yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku,
bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang memungkinkan kita
memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia.
Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan
menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari
definisi diatas, maka multimedia ada yang online (internet) dan
multimedia yang offline (tradisional).
SEJARAH MULTIMEDIA
Istilah multimedia berawal dari teatre, bukan komputer, pertunjukan
yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan
multimedia. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan
output dalam bentuk yang lebih kaya daripada media tabel dan grafik
konvensional. Pemakai dapat melihat gambar 3 dimensi, foto video
bergerak, animasi dan mendengar suara stereo. Output multimedia sekarang
inikita jumpai dimana-manaantara lain cover majalah, video game film
dll. Selain itu pula multimedia digunakan sebagai alat untuk
meningkatkan bersaing. Secara umum multimedia merupakan kombinasi tiga
elemen, yaitu suara, gambar dan teks, definisi lain dari multimedia,
yaitu dengan menempatkanya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh
hofstter(2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
GAMBAR GAMBAR KEGIATAN MULTIMEDIA

adalah gambar sedang membuat film

contoh alat alat yang digunakan di multimedia
JENIS-JENIS SOFTWARE YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK MULTIMEDIA
Dalam dunia yang canggih sekarang ini, Kita di permudah dalam
mengolah beberapa media informasi, seperti gambar/Image, teks, audio,
grafik, interaktif, video dan masih banyak lagi jenis-jenis aplikasi
multimedia yang lainnya. Dari yang hanya sekedar melihat (View) sampai
dengan mengedit dan membuat nya.
Berikut ini ada 30 jenis-jenis software multimedia yang diketahui :
#. Audio/Video Editor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk
mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak
sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses
pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi
kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player
adalah:
1.Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
3.Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
4.Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
5.TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
#.Graphic/Image Editor.
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis,
menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara
interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak
image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai
dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh
image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa
contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
1.Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
3.Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4.Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
5.GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source
dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public
License.
#Grafik 3D.
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan
untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3
dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah
dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar
dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D
adalah sebagai berikut:
1.3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
2.Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
3.Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp
#Animasi.
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat,
mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi
adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif,
seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak
animasi adalah sebagai berikut:
1.Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak
digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Macromedia Inc.
2.Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
3.Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat
animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems
Corporation.
#.Graphis/Image Viewer.
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat
(view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah
banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image
viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif
(CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll.
Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit
image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak
image viewer adalah:
1.ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
2.XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
3.Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
4.Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
5.Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..
#.Media Player.
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan
informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player
saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video.
Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft
Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
2.Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
3.WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
4.PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
5.Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
6.DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
7.Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
8.XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
9.Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License
Sumber : bagaimanamultimedia.wordpress.com