Jumat, 26 Oktober 2012

Jogging (lari santai)

Selain memberikan manfaat bagi  fisik dan kesehatan Anda, ternyata melakukan jogging secara teratur dapat memberi terapi secara fisik dan mental, Anda akan merasakan senang dan semangat setelah berjogging. Dan apabila Anda melakukannya dengan tepat maka Anda tidak akan merasakan lelah. Dan justru akan merasakan nyaman pada otot-otot Anda selama dan setelah jogging. Namun, perlu diingat untuk selalu melakukan pemanasan sebelum jogging, untuk menghindari kaku otot, kram atau keseleo. Selain dapat membakar lemak dan mengatasi kegemukan (perut buncit), jogging menyimpan banyak manfaat;
·         Menambah kinerja jantung lebih kuat
·         Melancarkan sistem pencernaan
·         Mencegah depresi
·         Meningkatkan stamina
·         Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung
·         Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Instruksi Cara Jogging
  • Evaluasi kondisi fisik Anda dan tentukan apakah Anda seharusnya mencoba berjalan terlebih dahulu. Pemula, terutama mereka yang mengalami masalah berat badan yang sangat berlebihan, harus berhati-hati ketika memulai latihan yang baru. Apabila Anda hanya sedikit kelebihan berat badan dan berada dalam kondisi yang baik, jogging untuk menurunkan berat badan cocok untuk Anda.
  • Diet Langsing Tentukan tujuan penurunan berat badan. Untuk menurunkan berat badan sebanyak 2 kg, Anda harus membakar kalori lebih dari 500 kalori dari yang Anda konsumsi setiap harinya. Anda dapat melakukan hal ini hanya dengan latihan atau dengan kombinasi diet cepat dan latihan. Cobalah untuk mengurangi konsumsi kalori sebanyak 250 kalori per hari dan bakarlah setidaknya 250 kalori lewat olahraga.
  • Pelajari berapa banyak kalori yang Anda bakar setiap menit Anda berolahraga. Orang dengan berat 65 - 75 kg yang jogging akan membakar 9.2 kalori setiap menitnya, dan orang dengan berat badan antara 90 - 100 kg akan membakar 12.7 kalori setiap menit joging. Dengan menggunakan 75 kg dan 10 kalori per menit sebagai rata-rata, tambahkan angka nol pada jumlah menit yang Anda habiskan untuk joging, dan Anda dapat memperoleh angka perkiraan kalori yang Anda bakar: 250 kalori selama 25 menit, 300 kalori selama 30 menit.
  • Buatlah jadwal joging untuk dijalankan sepanjang minggu, dengan melakukan variasi pada latihan yang Anda lakukan untuk memperoleh hasil terbaik. Cobalah untuk joging selama 15 menit pada kecepatan yang lebih tinggi pada satu hari dan 35 menit pada kecepatan yang lebih rendah pada hari berikutnya. Beberapa hari joging dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat dimasukkan dalam jadwal Anda.
  • Belilah sepatu lari yang bagus dan berlarilah. Tentukan beberapa rute dan mulailah perlahan apabila Anda merasa perlu, kemudian tingkatkan laju olahraga Anda.

Sumber : carapedia.com| www.warungbebas.com

1 komentar: