Rabu, 08 Januari 2014

Renaissance, Neoklasik dan Romantisisme

Konsep munculnya renaissance di Italy akhir abad ke 15 dan hal yang mendasari lahirnya renaissance

Sejarah Renaissance munculnya karena berbagai faktor antara lain adalah sebagai gerakan kultural, pada awalnya merupakan pembaharuan di bidang kejiwaan, kemasyarakatan, dan kegerejaan di Italia pada pertengahan abad XIV, berakar pada cita-cita keksatriaan abad pertengahan yang menginginkan kemewahan, kemegahan, keperkasaan dan kemasyuran, mereka mensintesakan gagasan Kristiani dengan pemikiran klasik (Yunani-Romawi). Tujuan utama gerakan ini adalah mempersatukan kembali gereja yang terpecah-belah akibat skisma (perang agama). Timbulnya kota-kota dagang yang makmur akibat perdagangan mengubah perasaan pesimistis (zaman Abad Pertengahan) menjadi optimistis. Dukungan dari keluarga saudagar kaya semakin menggelorakan semangat Renaissance sehingga menyebar ke seluruh Italia dan Eropa.

Renaissance di Italia adalah tidak bisa terlepas dari kota Florencia dan keluarga Medici. Keduanya saling mendukung sehingga cita-cita renaissance dapat terealisasikan. Melalui kemajuan ilmu pengetahuan tujuan dari renaissance dapat tercapai. Jasanya antara lain menjadi pendukung utama untuk mendirikan Accademia Plato di Florencia pada tahun 1642 sehingga ia ikut serta dalam menentukan arah perkembangan dunia akedemisi. Kemudian mendorong mendirikan Akademia Seni pada 1460 yang dipimpin oleh Michelangelo. Ia juga mendorong seniman untuk bersemboyan I’art pour I’art bukan I’art pour d’argent (seni untuk uang).

Karakteristik Renaissance adalah pemikiran yang muncul bersifat konkret, realistis dan nyata, memuja manusia sendiri sebagai pencipta, fokus pada dunia, kebendaan, nilai-nilai filosofis yang dianut dipengaruhi oleh kebendaan. Semboyan Carpe Diem sebagai antithesa Momento Morie dan seni pada zaman Renaissance mendorong kebebasan.

Tokoh-Tokoh Renaissance

Leonardo da Vinci, potret monalisa (menggambarkan potret setengah badan seorang wanita usia pertengahan 20an yang berpose di sebuah teras gedung)

Michaelangelo, Patung marmer Dionisos (adalah dewa anggur (arak) dan selalu diasosiasikan sebagai dewa pesta, ia juga merupakan salah satu dari 12 Dewa Olimpus)

Rafael, Potret Julius II (Menampilkan sosok Julius II pada masa itu)

Dampak Renaissance adalah
1.     Tumbuhnya kebebasan, kemerdekaan, dan kemandirian individu.
2.     Berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
3.     Runtuhnya dominasi gereja.
4.     Menguatnya kedudukan kaum bourgeois sehingga mereka tumbuh menjadi kelas penguasa.
5.     Mendorong pencarian daerah baru sehingga berkobarlah era penjelajahan samudera.

http://sejarah.kompasiana.com

The Third of May (Francisco Goya)
Liberty Leading the People (Eugène Delacroix)
The Raft of the Medusa (Théodore Géricault)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar