Minggu, 21 Oktober 2012

Tiga Prinsip Dasar Fotografi

Ketika kita baru terjun ke dunia fotografi, ada kalanya kita hanya mengambil gambar apa adanya dengan harapan gambar itu bagus alias Point and Shoot. Itu hal yang wajar, mengingat itulah kesenangan utama dari fotografi, yaitu mengambil moment dan mengabadikannya selamanya. Tapi kalau kamu bosan dengan hasil yang begitu-begitu saja, mungkin kamu harus melihat prinsip dasar berikut ini:

1. I see
Pada saat kamu melihat suatu objek bagus, pikirkan oleh anda apakah benda yang sangat menarik itu.

2. I Compose
Pikirkan komposisi, komposisi inilah yang disebut sebagai art atau seni dari fotografi, setiap orang bisa saja mefoto objek yang sama tapi dengan hasil yang berbeda-beda.
Dalam mengkomposisi ini, sang fotografer harus bisa memperhitungkan apa saja yang menjadi daya tarik dari  objek tersebut, mengkalkulasi exposure, shutter speed, pencahayaan dan angle yang tepat (tepat bukan selalu harus baik sesuai buku, tetapi sesuai dengan imajinasi dari sang fotografer tersebut)

3. I Shoot
Tahapan paling mudah dalam fotografi, yaitu menekan tombol shutter. Jangan lakukan tahap ketiga ini jika belum melakukan dua tahapan diatas, apablia kedua tahap belum dilakukan gambar akan menjadi biasa saja.


Sumber : fotografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar