Senin, 03 Desember 2012

Prospek Kerja Lulusan Komunikasi

Konon kabarnya bidang komunikasi merupakan bidang yang semakin menjanjikan dimasa mendatang. Karena memiliki prospek kerja yang jelas, luas dan terarah. Tidak heran kalau saat ini bidang komunikasi banyak diminati oleh masyarakat khususnya kaula muda. Lantas timbul pertanyaan, mengapa bidang komunikasi banyak diminati? Alasan dari banyak orang untuk memilih ilmu komunikasi sebagai latar pendidikannya adalah ilmu komunikasi bisa diaplikasikan dalam bentuk apapun dan tentunya tuntutan kebebasan berbicara dalam era globalisasi ini membuka hati setiap orang untuk lantang menyuarakan aspirasinya. Meskipun peluang kerja dibidang komunikasi cukup luas, tetapi untuk mencapainya diperlukan sebuah kemampuan yang mumpuni. Walaupun pada kenyataannya tidak menutup kemungkinan para lulusan bisa berada di profesi manapun. 
Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa prospek pekerjaan untuk para lulusan komunikasi.

1. Konsentrasi Manajemen Media/Manajemen Komunikasi
a. Manajer/ Pengelola media komersial dan komunitas
b. Manajer Produksi dan Komunikasi Pemasaran Media
c. Konsultan Manajemen Media Komersial dan Media Komunitas.
d. Komunikasi Negosiasi
e. Komunikasi Pemasaran
f. Retorika dan Presentasi

2. Konsentrasi Public Relations
a. Public Relation Officer di instansi pemerintah, perusahaan swasta, media massa dan institusi/organisasi profesional
b. Media Relation Officer atau juru bicara instansi pemerintah,perusahaan swasta, media massa dan institusi/organisasi profesional
c. Analisis media/perencana media (Media Planner)

3. Konsentrasi Jurnalistik
a. Wartawan surat kabar, majalah, tabloid, radio, televisi dan media online
b. Editor berita surat kabar, majalah, tabloid, televisi, radio dan media online
c. Presenter, Kameramen, Script Writer program di televisi, radio dan agen promosi kehumasan.

4. Konsentrasi Broadcasting
a. Dai
b. Penyiar radio/televisi
c. Konsultan multimedia
d. Selebritis: Sutradara, pembuat film, artis

Selain beberapa prospek diatas, propspek lain dari ilmu komunikasi sebenarnya sangat tidak terbatas. Ilmu komunikasi sangat dibutuhkan dalam hal apapun, hal ini bisa kita lihat dari banyaknya instansi yang memaknai komunikasi adalah unsur penting dari kemajuan instansinya. Sehingga banyak instansi yang membuat sebuah media komunikasi yang bertujuan mempropagandakan dan menjadikan media itu sebagai alat persuasif kepada khalayak luas untuk memahami gagasan dari instansi itu.
Prospek kerja lulusan komunikasi tidak hanya berhenti dari sebuah perusahaan media yang besar atau pekerjaan yang sudah umum berhubungan dengan ilmu komunikasi, tapi kita bisa mengembangkan kreativitas kita dalam sebuah usaha baru yang tentunya sesuai dengan apa yang kita harapkan dan sesuai dengan gagasan kita.

Jadi, bagi para mahasiswa yang sekarang tengah menjalani kuliah, tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan. Karena banyak jenis pekerjaan yang menanti para lulusan komunikasi seperti yang telah diuraikan di atas. Yang mesti dilakukan untuk saat ini adalah belajar dengan sungguh-sungguh, memahami sebaik mungkin materi yang telah diajarkan oleh dosen agar nanti kedepannya lebih mudah untuk mendapatkan atau menciptakan pekerjaan.

Referensi : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar